Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2024): Desember

STUDI TENTANG PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI SPNF SKB KOTA BANGUN

Fatoni, Agung Dwi (Unknown)
Winarti, Hepy Tri (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pembelajaran yang dilaksanakan pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di SKB Kota Bangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menggambarkan tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran yang diterapkan di SKB Kota Bangun. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan tutor, pengelola SKB, dan peserta program, serta teknik observasi dan studi dokumen untuk mendukung data yang diperoleh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data oleh Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dilaksanakan melalui tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh tutor tercermin dalam dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang memudahkan pelaksanaan pembelajaran secara efektif dan efisien. Pada tahap pelaksanaan, tutor menggunakan metode ceramah untuk memberikan pemahaman awal kepada peserta didik, disertai dengan kegiatan diskusi untuk mengevaluasi pemahaman peserta. Evaluasi dilakukan melalui ujian untuk menentukan kelulusan peserta didik. Proses ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara tutor dan peserta didik dalam menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ls

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan masyarakat adalah jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian tentang isu impelementasi Corporate Social Responsibility kaitannya dengan peningkatan kapasitas masyarakat, Pendidikan Nonformal, Pemberdayaan Masyarakat, dan Pendidikan Masyarakat ...