cover
Contact Name
A. Ismail Lukman
Contact Email
a.ismaillukman@fkip.unmul.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ls@fkip.unmul.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman Jl. Banggeris No 89, Karang Anyar, Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, 75127 Email : ls@fkip.unmul.ac.id
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27235300     DOI : -
Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan masyarakat adalah jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian tentang isu impelementasi Corporate Social Responsibility kaitannya dengan peningkatan kapasitas masyarakat, Pendidikan Nonformal, Pemberdayaan Masyarakat, dan Pendidikan Masyarakat di tingkat Lokal, Nasional, dan International. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan masyarakat merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 111 Documents
HUBUNGAN ANTARA HASIL PELATIHAN DENGAN TINGKAT PENERAPAN TEKNOLOGI PADI SAWAH Riyadi Riyadi
Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ls.v1i1.254

Abstract

Pelatihan usahatani padi sawah dilaksanakan dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dan tingkat keberhasilannya dapat dilihat darirespon petani dalam menerapkan program pelatihan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan dari faktor internal dan eksternal dengan hasil pelatihan usahatani serta menguji hubungan antara hasil pelatihan usahatani padi sawah tersebut dengan kemampuan petani dalam menerapkan hasil pelatihan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Survei pada tiga kelompok tani dengan melibatkan responden masing-masing 24 responden pada kelompok tani tersebut. Analisis data menggunakan uji korelasi peringkat spearman yang digunakan untuk menguji variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor ekternal seperti luas lahan petani hanya berhubungan sangat nyata dengan tingkat keterampilan, keikutsertaan petani dalam kegiatan demonstrasi, tingkat pemecahan masalah anggota kelompok tani berhubungan sangat nyata dengan tingkat pengetahuan dan keikutsertaan petani dalam demonstrasi. Kemudahan memperoleh sarana produksi dan sifat inovasi berhubungan sangat nyata pada dengan tingkat pengetahuan, tingkat keterampilan, dan keikutsertaan petani dalam demonstrasi. Faktor internal berhubungan sangat nyata dengan pemanfaatan hasil pelatihan usahatani. Pelatihan usahatani padi sawah berhubungan sangat nyata dengan tingkat penerapan teknologi padi sawah yang meliputi pemupukan berimbang, teknologi bercocok tanam dan perlindungan tanaman sampai panen. Keberhasilan petani dalam menerapkan teknologi usahatani padi sawah tidak terlepas dari pelatihan dan anjuran penyuluh pertanian lapangan.
PROGRAM PELATIHAN SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN KORBAN PASCA REHABILITASI PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI RUMAH DAMPING BORNEO BNN RI SAMARINDA Dewi Ayu Destia Widiastri
Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ls.v1i1.255

Abstract

Program pelatihan sebagai upaya pemberdayaan korban pasca rehabilitasi penyalahgunaan narkoba adalah salah satu wujud kepedulian dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba melalui pemberdayaan dengan menjalankan salah satu program yaitu pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mendeskripsikan proses program pelatihan, 2) mendeskripsikan kendala program pelatihan, 3) mendeskripsikan dampak program pelatihan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan strategi studi kasus. Responden penelitian ini adalah Program Menejer Rumah Damping, Tutor Pelatihan Sablon Rumah Damping, dan Klien Rumah Damping. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian dibantu dengan lembar observasi, lembar wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisi data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Proses pelatihann sebagai upaya pemberdayaan korban pasca rehablitasi yang dilaksanakan di Rumah Damping Borneo BNN RI Samarinda dapat dilihat dari seluruh rangkaian tahapan yang meliputi: Proses perencaan program, proses program pelatihan, evaluasi, dan monitoring. Pelatihan yang berjalan di RD adalah pelatihan sablon, dimana dalam pelatihan sablon ini sangat menekankan pada praktik langsung guna mempermudah klien dalam memahami setiap proses pelatihannya. Kendala yang dihadapi RD dalam pelaksanaan program adalah: Singkatnya Waktu Pelaksanaan Program Pasca Rehablitasi, Singkatnya Waktu Pelaksanaan Program Pelatihan, Jumlah Program Minim, Sedikitnya Mitra Kerja. Dampak pelatihan sebagai upaya pemberdayaan korban pasca rehabilitasi di Rumah Damping Borneo BNN RI Samarinda. Dampak dari adanya program yang dirasakan oleh klien: Klien tidak bingung setelah keluar dari RD harus bagaimana dan berbauat apa, karena selama di RD klien benar-benar memaksimalkan kapasitas yang mereka miliki, mempunyai planning setelah keluar dari RD, bisa lebih terbuka dan dapat berinteraksi dengan masyarakat, dank lien juga mempunyai keterampilan baru dalam menunjang kemandiriannya.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURSUS MENJAHIT DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) NANIE SAMARINDA DESTI RIA MONIKA
Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ls.v1i1.256

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pelaksanaan pembelajaran kursus menjahit gratis, Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu penyelenggara program, tutor dan warga belajar kursus menjahit gratis LKP Nanie Samarinda. Metode pengumpulan data dengan wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. pelaksanaan pembelajaran kursus menjahit gratis LKP Nanie meliputi: (a) persiapan, tutor diverifikasi oleh pihak penyelenggara, tutor menyusun silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), (b) tutor menyiapkan materi dan media yang digunakan serta melaksanakan proses pembelajaran setiap hari Senin sampai Jumat. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktek. Materi pembelajaran yang diberikan adalah pengenalan alat dan bahan, pembuatan pola, dan menjahit dengan mesin. Tutor pelatihan menjahit gratis di LKP Nanie berjumlah 3 orang yang berpendidikan SMA dan SMK, terdiri dari 2 tutor inti dan 1 pengawas. (c) penilaian hasil pembelajaran, tutor memberikan penilaian hasil belajar berupa tes tertulis dan praktek.
STUDI TENTANG KELOMPOK BELAJAR USAHA AMPLANG PADA RUMAH PRODUKSI USAHA ANDA JAYA SAMARINDA Apriani Octavia
Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ls.v1i1.257

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan proses produksi amplang dari bahan mentah menjadi produk siap konsumsi pada rumah produksi Usaha Anda Jaya Samarinda, untuk mengetahui cara pemilik usaha mengajarkan proses pengelolaan usaha amplang pada warga belajar di rumah produksi Usaha Anda Jaya, dan untuk mengetahui strategi penjualan dan hasil penjualan amplang pada rumah produksi Usaha Anda Jaya Samarinda. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu pemilik rumah usaha dan warga belajar dua orang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi: reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh yaitu proses produksi amplang dari bahan mentah menjadi produk siap konsumsi pada Usaha Anda Jaya Samarinda yaitu harus mempersiapkan peralatan dan bahan baku seperti peralatan memasak, pengelolaan persediaan bahan produksi seperti ikan Pipih, tepung dan bumbu penyedap, pembuatan amplang sesuai dengan langkah-langkah dalam memproduksi amplang, dan pengemasan hasil produksi amplang dengan alat pres plastik. Cara mengajarkan proses pengelolaan usaha amplang pada warga belajar di rumah produksi Usaha Anda Jaya Samarinda yaitu mengajarkan persiapan modal dan penggunaan modal, mengajarkan rekrut karyawan sesuai dengan kebutuhan produksi, mengajarkan pengelolaan persediaan bahan produksi berupa ikan Pipih, dan mengajarkan proses pembuatan amplang. Strategi penjualan dan hasil penjualan amplang pada rumah produksi Usaha Anda Jaya Samarinda yaitu: a) strategi penjualan dijual di toko milik Usaha Amplang Anda Jaya dan penjualan secara borongan. b) Hasil penjualan amplang cukup menghasilkan dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan memberikan upah kapada warga belajar. Dengan adanya Usaha Anda Jaya Samarinda warga belajar sangat terbantu dan mampu membiayai kebutuhan rumahtangga dan pendidikan anak-anak mereka.
PELATIHAN PEMBUATAN PIE BUAH BAGI WARGA BELAJAR DI UPTD. P2KUKM PROVINSI KALIMANTAN TIMUR Dela Safitri
Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 1 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ls.v1i1.258

Abstract

Pelatihan ini juga diharapkan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki baik untuk bekerja pada suatu lembaga atau perusahaan untuk mengadakan kegiatan mandiri berupa kegiatan wirusaha. Berdasarkan kegiatan pelatihan pembuatan Pie yang diberikan kepada warga belajar, maka peneliti menentukan judul penelitian adalah Pelatihan Pembuatan Pie Buah Dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar di UPTD. P2KUKM (Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Pengembangan Koperasi & UKM) Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini akan dianalisis dengan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan dan menggambarkan tentang Pelatihan Pembuatan Pie Dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Bagi Warga Belajar di UPTD. P2KUKM Provinsi Kalimantan Timur. Proses pelatihan pembuatan Pie buah dalam meningkatakan kecakapan hidup warga oleh UPTD. P2KUKM Provinsi Kalimantan Timur diawali dengan perencanaan pelaksanaan program dimulai dari menentukan tujuan pelatihan, kemudian menentukan target warga belajar, menetukan instruktur, identifikasi jenis pelatihan. Pelatihan pembuatan Pie buah berjalan lancar. Pelatihan dilengkapi fasilitas yang memadai untuk menunjang pelaksanaan pelatihan.
PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI WARGA BELAJAR PAKET C PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) KEDONDONG SAMARINDA Yasin Pakaya
Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 2 (2020): Desember
Publisher : Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ls.v1i2.428

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar paket C dalam pembelajaran tatap muka yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dilakukan dengan sangat baik. baik dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. dijalankan secara sistematis. Tutor merupakan unsur terpenting dalam kegiatan pembelajaran, oleh karena itu peran tutor adalah sebagai motivator pada umumnya, tutor mampu menjalankan perannya sehingga tutor mampu meningkatkan motivasi belajar kepada warga belajar, tidak dapat dipungkiri bahwa Belajar merupakan suatu keharusan bagi warga belajar, oleh karena itu motivasi sangat penting artinya untuk dapat membangun semangat belajar bagi warga belajar dalam pendidikan kesetaraan paket C, sebagaimana diketahui bahwa dalam pendidikan kesetaraan paket C masyarakat belajar adalah tidak terpaut usia dan karena kondisi tersebut maka program pendidikan kesetaraan sangat membutuhkan peran tutor sebagai pembimbing dan pengajar. Sehingga dari hasil tersebut mereka memiliki pengetahuan tentang pendidikan dan keterampilan.
PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PESERTA PELATIHAN TATA RIAS PENGANTIN DI LEMBAGA KURSUS PELATIHAN (LKP) VIVI KOTA SAMARINDA Rizqi Vivi Kusuma Dewi
Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 2 (2020): Desember
Publisher : Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ls.v1i2.429

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) perencanaan pembelajaran pelatihan tata rias pengantin (2) pelaksanaan pembelajajan pelatihan tata rias pengantin (3) evaluasi pembelajaran pelatihan tata rias pengantin. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, peneliti bermaksud mendeskripsikan, menguraikan dan menggambarkan pelaksanaan pelatihan tata rias pengantin di LKP VIVI. Data dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pelatihan tata rias pengantin di LKP VIVI Kota Samarinda. Sumber data penelitian ini adalah 3 orang warga belajar, 3 tutor dan 1 penyelenggara LKP VIVI. Teknik pengumpulan data menggunakan wawncara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data (penyajian data), dan verification (pengambilan kesimpulan). Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran diawali dengan rekrutmen penyaringan data sesuai kriteria dan persyaratan, kemudian menyusun kurikulum dan bahan ajaran (2) Pelatihan tata rias pengantin dilaksanakan setiap hari senin s/d jumat pukul 13.00 – 17.00.
PERAN PENGELOLA BANK SAMPAH RAMAH LINGKUNGAN (RAMLI) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI PERUMAHAN GRAHA INDAH KOTA SAMARINDA Fadilah Nur Amaliah
Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 2 (2020): Desember
Publisher : Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ls.v1i2.430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengelola Bank Sampah Ramah Lingkungan (RAMLI) dalam pemberdayaan masyarakat di Perumahan Graha Indah kota Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola, nasabah dan instruktur Bank Sampah RAMLI. Sebagai narasumber adalah pengelola, nasabah, instruktur Bank Sampah RAMLI. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Peran Pengelola Bank Sampah Ramah Lingkungan (RAMLI) dalam pemberdayaan masyarakat di perumahan Graha Indah Kota Samarinda yaitu : (a) meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampahnya; (b) menambah penghasilan dari penukaran sampah. Peranan Pengelola Bank Sampah sangat dibutuhkan dalam kelangsungan pemberdayaan manusia melalui sampahnya.
PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENGOLAH RUMPUT LAUT MENJADI MANISAN DAN DODOL PADA KELOMPOK BELAJAR SIPATUO DI LKP BBEC BONTANG Nova Budi Hartanti
Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 2 (2020): Desember
Publisher : Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ls.v1i2.431

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pelatihan kewirausahaan mengolah rumput laut guna mengetahui segala proses pengolahan rumput laut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kelompok belajar, instruktur dan pengelola program pelatihan kewirausahaan mengolah rumput laut. Sebagai narasumber adalah warga belajar dan insruktur selaku pelaksana program pelatihan kewirausahaan mengolah rumput laut di LKP BBEC Bontang. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pelatihan kewirausahaan mengolah rumput laut adalah dengan (a) analisis kebutuhan pelatihan, (b) desain pelatihan, (c) evaluasi pelatihan. Analisis kebutuhan pelatihan untuk mengetahui keinginan warga belajar untuk mengikuti pelatihan. Desain pelatihan agar pelaksanaan pelatihan berjalan dengan baik sesuai dengan standar pelatihan. Evaluasi pelatihan bertujuan untuk menindak lanjut ke arah mana warga belajar akan menerapkan ilmu setelah kegiatan pelatihan selesai. Pelatihan memberikan keterampilan yang berbasis kewirausahaan dengan berdasarkan sumber daya alam yang berpotensi untuk diolah menjadi barang baru dan memiliki nilai ekonomi.
PERAN INSTRUKTUR DALAM LAYANAN PEMBELAJARAN PESERTA KURSUS MENGEMUDI MOBIL RODA EMPAT DI LKP CENDANA SAMARINDA Saptadi Saptadi
Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 1 No 2 (2020): Desember
Publisher : Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ls.v1i2.432

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Kursus Mengemudi Mobil Roda Empat di LKP Cendana Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah instruktur, peserta kursus dan pengelola LKP Cendana Samarinda. Sebagai narasumber adalah instuktur , peserta kursus dan pengelola program kursus mengemudi di LKP Cendana Samarinda. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan memverifikasi data. Hasil penelitian menunjukan pada 1) peran instruktur dalam layanan pembelajaran intruktur dalam program kursus mengemudi di LKP Cendana terlaksana dengan setiap instruktur memenuhi perannya sebagai motivator, informator, organisator, director, inisiator, fasilitator, mediator dan evaluator. Terbukti dengan terwujudnyatujuan pembelajaran dari tiap peserta kursus.

Page 1 of 12 | Total Record : 111