Dompet digital telah menjadi bagian penting dalam mendukung transaksi nontunai di Indonesia. DANA, sebagai salah satu platform pembayaran digital terpopuler, aktif berinteraksi dengan pengguna melalui akun resminya di X/Twitter. Pengguna menyampaikan berbagai opini, mulai dari apresiasi terhadap layanan hingga keluhan terkait masalah teknis. Penelitian ini menganalisis sentimen pengguna terhadap akun resmi “DANA” di X/Twitter menggunakan algoritma IndoBERT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan tanggapan sentimen pengguna DANA melalui 2,563 data tweet interaksi dengan @danawallet selama Juli–November 2024. Metode mencakup preproses data, pembagian stratifikasi, dan fine-tuning IndoBERT untuk klasifikasi sentimen. Hasil pengujian perbandingan 70:20:10 menunjukkan performa model yang sangat baik dengan hasil tertinggi hingga precision 94%, recall 93%, F1-score 92%, dan accuracy 89%. Kata-kata utama sentimen yang muncul adalah seperti “promo”, dan “cashback” (positif) serta “error” dan “lambat” (negatif).
Copyrights © 2025