Wulang: Jurnal Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah
Vol. 3 No. 1 (2025): Wulang: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN KELAS V MI HIDAYATUL MUSTAFIDIN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Mutholi’ah, Mutholi’ah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fiqih Materi Penyembelihan Hewan Qurban Kelas V MI Hidayatul Mustafidin Tahun Pelajaran 2024/2025) Untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Materi Penyembelihan Binatang Qurban dengan menggunakan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fiqih Materi Penyembelihan Hewan Qurban Kelas V MI Hidayatul Mustafidin Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus. Hasil siklus I yang dilihat dari hasil tes siklus I peneliti melanjutkan proses pembelajaran karena pada siklus ssebelumnya nilai yang diperoleh siswa tidak mencapai nilai ketuntasan siswa yaitu mendapat 66,48% kurang dari 85%. Setelah proses pembelajaran di siklus II selesai peneliti memberikan soal tes akhir untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa teerhadap materi yang telah dipelajari pada siklus ini nilai yang diperoleh siswa ada 88,64% dan telah mencapai nilai KKM, hanya 5 siswa yang tidak tuntas dalam belajar dan 32 siswa tuntas dalam belajar. Dilihat dari hasil siklus II ini guru tidak lagi melanjutkan pembelajaran ke siklus selanjutnya. Jadi penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Hidayatul Mustafidin pada materi penyembelihan hewan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wjp

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Wulang: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (WJP) is a journal published in the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education at Institut Agama Islam Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu. This journal is published twice a year in June and December. Furthermore, this journal is ...