Penelitian Tindakan Kelas ini di latar belakangi kurang kreatifnya guru fiqih di kelas VI MI Cokroaminoto 01 Petuguran. selama ini dalam menggali strategi pembelajaran yang bisa dipakai untuk pembelajaran fiqih yang menyebabkan pelaksanaan pembelajaran cenderung monoton. Sehingga perlu adanya perubahan paradigma dalam menelaah proses belajar mengajar dan interaksi guru dan siswa, salah satu cara adalah dengan menerapkan strategi true or false dalam proses pembelajaran fiqih di kelas di kelas VI MI Cokroamioto 01 Petuguran. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah strategi true or false dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi makanan dan minuman yang halal dan Haram di kelas VI MI Cokroaminoto 01 Petuguran?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi true or false dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi makanan dan minuman yang halal dan Haram di kelas VI MI Cokroaminoto 01 Petuguran, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada siklus I dengan KKM 70 siswa siklus I hanya ada 5 peserta didik atau 34%, Siklus II 10 peserta didik atau 67% dan pada siklus III sudah mencapai 13 peserta didik atau 87%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025