Borneo Journal of Primary Educaton
Vol 4 No 1 (2024): Borneo Journal of Primary Education, 4(1), Februari 2024

Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-Nilai Multikulturalisme di Sekolah Dasar Tenggarong

Helwilita, Helwilita (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi implementasi nilai-nilai multikultural dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri Tenggarong, menekankan inklusivitas dan penghormatan terhadap keragaman dalam pendidikan. Ini menggali berbagai aspek seperti desain kurikulum, metode pengajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung multikulturalisme dalam pendidikan agama. Tantangan yang dihadapi sekolah dan upaya yang dilakukan untuk mengatasinya dibahas, memberikan pandangan komprehensif tentang pentingnya dan implementasi efektif nilai-nilai multikultural dalam pendidikan agama sekolah menengah. Peran kepala sekolah dalam memfasilitasi implementasi ini melalui visi yang jelas, kebijakan yang mendukung, alokasi sumber daya yang memadai, dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan disorot. Studi ini menunjukkan bagaimana PAI tidak hanya memberikan ajaran agama dan moral tetapi juga mempromosikan kesadaran sosial, perawatan lingkungan, pemikiran kritis, dan keterampilan analitis di antara siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bjpe

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Borneo Journal of Primary Education (E-ISSN 2775-5258) is a scholarly academic journalpublished by Faculty of Education and Teacher Training of UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Islamic Education. The publication of an ...