Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi
Vol 25 No 2 (2025)

Usulan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SOAR dan Business Model Canvas (BMC) Pada UMKM Sanjai Darsi

Darsi, Teddy Purnama (Unknown)
Suherman, Suherman (Unknown)
Kusumanto, Ismu (Unknown)
Rika, Rika (Unknown)
Yola, Melfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha pada UMKM Sanjai Darsi dengan menggunakan metode SOAR (Strength, Opportunity, Aspiration, Result) dan memberikan usulan model bisnis menggunakan Business Model Canvas (BMC). Faktor internal yang dianalisis meliputi kekuatan produk, seperti variasi rasa, kualitas yang konsisten, serta adanya sertifikasi halal. Sementara itu, faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha termasuk tren pasar yang berkembang, persaingan dengan UMKM lain, dan dukungan pemerintah. Dari hasil analisis SOAR, beberapa strategi pengembangan usaha diusulkan, seperti memperluas jangkauan pemasaran, memperkuat kualitas produk, dan optimalisasi promosi melalui media sosial. Usulan model bisnis dengan BMC menekankan pentingnya pemahaman segmen pelanggan, peningkatan proposisi nilai produk, serta pemanfaatan saluran distribusi yang tepat. Dengan penerapan strategi ini, diharapkan UMKM Sanjai Darsi dapat meningkatkan daya saingnya di pasar makanan tradisional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

matriks

Publisher

Subject

Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Matrik Journal is published by Industrial Engineering Department, Faculty of Engineering University of Muhammadiyah Gresik, twice a year in March and September. The purpose of this journal is to facilitate scientists, researchers and practitioners to publish original research articles or article ...