Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01, Maret 2025

PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Budiharti (Unknown)
A’lam Mustaqim (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kecemasan matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar di Gugus Untung Suropati, Ambal, Kebumen. Dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei, penelitian ini melibatkan 101 siswa yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Data diperoleh melalui angket kecemasan matematika dan tes prestasi belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa kecemasan matematika memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 85,637 – 0,398X. Temuan ini menegaskan pentingnya intervensi yang efektif untuk membantu siswa mengurangi kecemasan dan meningkatkan prestasi belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...