Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01, Maret 2025

PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI KARAKTER MANDIRI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 TUKSONGO KABUPATEN TEMANGGUNG

Wahyu Pambudi (Unknown)
Ngurah Ayu Nyoman Murniati (Unknown)
I Made Sudana (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Pambudi, Wahyu. 2025. Program Sekolah Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar Negeri 3 Tuksongo Kabupaten Temanggung. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I: Dr. Ngurah Ayu Nyoman Murniati, M.Pd, dan Pembimbing II: Dr. I Made Sudana, M.Pd. Pendidikan karakter merupakan elemen penting dalam membentuk individu yang berkualitas dan berintegritas. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, Program Sekolah Penggerak bertujuan untuk mengembangkan Profil Pelajar Pancasila, yang mencakup dimensi karakter mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Sekolah Penggerak dalam mewujudkan karakter mandiri pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 3 Tuksongo, Kabupaten Temanggung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Desain penelitian meliputi tiga tahap: 1) tahap pra lapangan atau orientasi, 2) tahap pekerjaan lapangan atau eksplorasi fokus, dan 3) analisis data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk meningkatkan validitas data. Analisis data dilakukan dengan tiga langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan Program Sekolah Penggerak dilakukan melalui identifikasi kebutuhan, pengembangan program, dan sosialisasi kepada seluruh stakeholder; 2) pengorganisasian meliputi penempatan sumber daya, pengembangan organisasi, serta penugasan dan pendelegasian wewenang; 3) penggerakan dilakukan oleh kepala sekolah melalui pengarahan dan motivasi kepada guru dan siswa; 4) pengawasan dilakukan dengan penilaian, evaluasi kegiatan, dan tindak lanjut untuk memastikan keberhasilan program. Penulis menyarankan agar kepala sekolah dan guru terus berkolaborasi dalam setiap tahap implementasi program, mulai dari perencanaan hingga evaluasi, untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...