Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025 Progres

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN NO. 003/IX SENAUNG

Tiara Dinda Salsabilla (Universitas Jambi)
Khoirunnisa (Universitas Jambi)
Destrinelli (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing, dan bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing di kelas V SDN No. 003/IX Senaung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran menggunakan tahapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru selama II siklus. Proses pembelajaran terlaksana tepat sasaran sesuai langkah pembelajaran serta peserta didik mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik sesuai intruksi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...