Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025

IMPLEMENTASI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN (GSM) DALAM MEMBANGUN STUDENT WELLBEING DI SD NEGERI 002 SAMBALIUNG

Indriani, Dinah (Unknown)
Martaningsih, Sri Tutur (Unknown)
Hasanah, Enung (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di SD Negeri 002 Sambaliung. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian mencakup kepala sekolah, guru, siswa, serta orang tua siswa yang berperan langsung dalam penerapan program GSM. Instrumen penelitian meliputi panduan wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gerakan Sekolah Menyenangkan merupakan program yang bertujuan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih positif dan kondusif. Penerapan GSM di sekolah ini dilakukan melalui berbagai strategi, seperti pengaturan ruang kelas, kegiatan senam ceria, serta program literasi. Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap keberlangsungan program GSM di SD Negeri 002 Sambaliung meliputi pemahaman seluruh warga sekolah terhadap konsep GSM, modal awal berupa pengetahuan kognitif siswa, kekompakan antar warga sekolah, keterlibatan orang tua dan komite sekolah, serta dukungan finansial dari pihak sekolah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...