Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Press.

STUDI FENOMENOLOGIS PENGALAMAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN

Abdul Razak (Unknown)
Subiyantoro (Unknown)
Mohammad Nurul Yaqin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman guru dalam mengimplementasikan pembelajaran inovatif di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis, yang memungkinkan peneliti untuk menggali secara mendalam pengalaman guru dalam menerapkan pembelajaran inovatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah empat orang guru yang telah menerapkan pembelajaran inovatif di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru menghadapi berbagai tantangan dalam mengimplementasikan pembelajaran inovatif, seperti keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya dukungan dari pihak manajemen sekolah, dan resistensi dari sebagian siswa. Namun, mereka juga memperoleh berbagai manfaat, seperti peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, serta pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pembelajaran inovatif membutuhkan komitmen, kreativitas, dan kerja sama yang kuat dari semua pihak terkait.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...