Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Press.

PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK RELAKSASI UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN MAHASANTRI AKHIR DALAM MENGHADAPI UJIAN TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN IBNU KATSIR 2 JEMBER

Aulia Manik (Unknown)
Imaratul Ulwiyah (Unknown)
Ika Romika Mawaddati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji dan mengembangkan modul teknik relaksasi serta mengetahui kelayakan modul dalam penerapannya sebagai upaya mengurangi kecemasan mahasantri waktu ujian tahfidz. Hal ini sebagaimana yang terjadi di PPA Ibnu Katsir 2 Jember terkait permasalahan kecemasan yang berulang terutama bagi mahasantri akhir yang telah dianalisis melalui observasi dan wawancara. Metode penelitian ini yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development menggunakan rancangan dengan model ADDIE. Subyek yang dipilih mempertimbangkan tingkat kecemasan yang terjadi terhadap mahasantri jenjang akhir ketika menghadapi ujian tahfidz. Penelitian pengembangan dengan model ADDIE ini menghasilkan 1.) Sebuah produk berupa modul teknik relaksasi dengan materi dan desain yang telah disesuaikan dengan saran dari validator ahli. 2.) Modul teknik relaksasi ini layak digunakan oleh mahasantri akhir. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan metode pendidikan yang inovatif dan relevan, serta dapat membantu mereduksi kecemasan ketika menghadapi ujian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...