Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Press.

MENGGALI KEARIFAN LOKAL DALAM ASESMEN: ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS DI SD

Nurdiansyah, Firman (Unknown)
Hamdu, Ghullam (Unknown)
Alia, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan asesmen pembelajaran berbasis etnosains pada makanan khas Kecamatan Kawalu untuk peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen berbasis etnosains dapat meningkatkan pemahaman konsep sains secara kontekstual serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Namun, implementasi asesmen ini masih menghadapi tantangan, seperti keterbatasan perangkat asesmen yang sesuai dengan kearifan lokal serta kurangnya pelatihan bagi pendidik. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pengembangan instrumen asesmen yang lebih adaptif terhadap kebutuhan siswa serta integrasi yang lebih luas dalam kurikulum pendidikan dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...