Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Press.

PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK DENGAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KALISEGORO KOTA SEMARANG

Tri Ayuningsih, Mala (Unknown)
Ansori, Isa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta keefektifan media flipbook dengan model PBL untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri Kalisegoro Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat layak berdasarkan penilaian ahli media yaitu sebesar 89,70% dan ahli materi sebesar 80% dengan kriteria layak. Selain itu, hasil uji efektivitas menunjukan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan pada siswa setelah menggunakan media flipbook. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 35 pada pretest menjadi 82,78 pada posttest menunjukkan efektivitas media pembelajaran flipbook. Dengan demikian, flipbook sebagai media pembelajaran dapat menjadi pilihan yang efektif untuk meningkatkan pencapaian belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...