Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Process

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 076 PARAHALEANG

Grace Febi Leping (Unknown)
Ali Latif (Unknown)
Amir Pada (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Grace Febi Leping, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 076 Parahaleang Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 076 Parahaleang pada mata pelajaran IPS. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) penerapan model Make a Match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan siswa yang diajar dengan metode konvensional. Penerapan model Make a Match mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan, yang pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 076 Parahaleang. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa model Make a Match dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...