Grace Febi Leping, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 076 Parahaleang Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 076 Parahaleang pada mata pelajaran IPS. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) penerapan model Make a Match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan siswa yang diajar dengan metode konvensional. Penerapan model Make a Match mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan, yang pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 076 Parahaleang. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa model Make a Match dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2025