Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Process

PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI UPT SPF SD NEGERI MANGKURA V

Ayat Sucitra (Unknown)
Ali Latif (Unknown)
Sayidiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas V di UPT SPF SD Negeri Mangkura V. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media Pembelajaran interaktif berbasisi Augmented Reality sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar IPAS peserta didik pada materi sistem penceraan Manusia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V, sedangkan sampelnya adalah kelas V.9 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas V.10 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 27 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar pada materi sistem pencernaan manusia berupa pretest dan posttest. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 25. Teknik analisis data menggunakan analisis independent sampel t-test (uji-t). Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh sign.(2-tailed) = 0.000 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality berpengaruh secara segnifikan terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS pada peserta didik UPT SPF SD Negeri Mangkura V pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...