Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01, Maret 2025

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGUATAN LITERASI BACA TULIS DI SMP NURUL ULUM DEMAK

Mohammad Ahsan Fahmi (Unknown)
Endang Wuryandini (Unknown)
Rosalina Br Ginting (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2025

Abstract

Fokus penelitian ini adalah strategi kepala sekolah dalam penguatan literasi baca tulis siswa di SMP Nurul Ulum Demak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengenai (1) strategi kepala sekolah yang digunakan dalam penguatan literasi baca tulis (2) implementasi strategi kepala sekolah yang dilakukan dapat menguatkan literasi baca tulis (3) hambatan dan tantangan yang mempengaruhi strategi kepala sekolah dalam penguatan literasi baca tulis di SMP Nurul Ulum Demak. Metode penelitian ini adalah diskripsi kualikatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Uji keabsahan pada penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah melaksanakan strategi penguatan tata kelola dilaksanakan melalui: menganalisis kebutuhan berdasarkan pada karakteristik siswa, membuat jadwal khusus, pengalokasian anggaran, membentuk tim literasi, membuat program literasi, pengembangan dan penguatan literasi sekolah menjadi suatu gerakan, membangun lingkungan literat. Strategi pembelajaran dilaksanakan melalui: menerapkan literasi melalui pembelajaran, bahan ajar yang tepat dan efektif, siswa melakukan presentasi di depan kelas. Strategi pengoptimalan program dilaksanakan melalui: menerapkan literasi melalui pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran, mengimplementasikan budaya GLS kedalam bentuk program. Strategi sarana prasarana dilaksanakan melalui: melengkapi secara berkala sarana prasarana di sekolah, perluasan akses terhadap sumber bacaan bermutu, melakukan pemeliharaan sarana prasarana, mengoptimalkan pemanfaatan IT. Hambatan dan tantangan dalam pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam penguatan literasi baca tulis dapat di selesaikan dengan kolaborasi dengan stakeholder sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...