Pengembangan modul ajar P5 Projek Penguatan Profil Pelajar pancasila berbasis kearifan lokal Nias merupakan topik utama pembahasan dalam penelitian ini. Kekayaan kearifan lokal budaya menjadi sumber ilmu untuk dikaji dan dikembangkan menjadi sumber ilmu pengetahuan, dan modul ajar P5. Penelitian pengembangan ini dibangun menggunakan metode Reflective, Recursive Design and Development R2D2 dan dipadukan dengan penyusunan modul ajar versi kemendikbudristek. Pengembangan modul ajar ini menghasilkan satu produk modul yang telah diuji oleh ahli materi dan media serta uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Berdasarkan perolehan data, validasi ahli materi mendapatkan perolehan pada angka 93,96% dan validasi media 90,32% dengan kategori “Sangat Layak” lebih lanjut uji kelompok kecil dan besar dilaksanakan di SMP negeri 1 lahewa. Pada uji kelompok kecil berdasarkan wawancara peneliti pada 6 orang siswa modul ajar dapat dipelajari, sedangkan pada uji kelompok besar dari respon siswa terhadap pengembangan modul mendapatkan 88% dengan kategori “Sangat Layak”. Peneliti menarik kesimpulan bahwa pengembangan modul ajar P5 layak dan dapat dipergunakan sebagai bahan ajar P5 kearifan lokal.
Copyrights © 2025