Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025 in progress

PENGEMBANGAN MODUL PROJEK BERBASIS KEARIFAN LOKAL NIAS UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA FASE D (KELAS 7)

Kasih Kristina Waruwu (Unknown)
Sadieli Telaumbanua (Unknown)
Wahyu Ningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Pengembangan modul ajar P5 Projek Penguatan Profil Pelajar pancasila berbasis kearifan lokal Nias merupakan topik utama pembahasan dalam penelitian ini. Kekayaan kearifan lokal budaya menjadi sumber ilmu untuk dikaji dan dikembangkan menjadi sumber ilmu pengetahuan, dan modul ajar P5. Penelitian pengembangan ini dibangun menggunakan metode Reflective, Recursive Design and Development R2D2 dan dipadukan dengan penyusunan modul ajar versi kemendikbudristek. Pengembangan modul ajar ini menghasilkan satu produk modul yang telah diuji oleh ahli materi dan media serta uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Berdasarkan perolehan data, validasi ahli materi mendapatkan perolehan pada angka 93,96% dan validasi media 90,32% dengan kategori “Sangat Layak” lebih lanjut uji kelompok kecil dan besar dilaksanakan di SMP negeri 1 lahewa. Pada uji kelompok kecil berdasarkan wawancara peneliti pada 6 orang siswa modul ajar dapat dipelajari, sedangkan pada uji kelompok besar dari respon siswa terhadap pengembangan modul mendapatkan 88% dengan kategori “Sangat Layak”. Peneliti menarik kesimpulan bahwa pengembangan modul ajar P5 layak dan dapat dipergunakan sebagai bahan ajar P5 kearifan lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...