Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025 in progress

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WATER CYCLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN BATOKALANGAN 2 PADA MATERI IPA KELAS V

Putri, Mellia (Unknown)
Zainuddin, Zainuddin (Unknown)
Shiddiq, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh media pembelajaran Siklus Air (Water Cycle) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Batokalangan 2 dalam mata pelajaran IPA. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest, siswa diberikan pre-test sebelum pembelajaran dengan media siklus air dan post-test setelahnya. Analisis data dengan SPSS 25 mencakup uji normalitas, validitas, reliabilitas, serta Paired Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata nilai pre-test 33,75 dan post-test 66,87, selisih 33,12 poin. Uji Paired Sample Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang membuktikan efektivitas media Siklus Air (Water Cycle) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap siklus air, menjadikannya alternatif pembelajaran IPA yang lebih efektif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...