Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Press.

MENGEMBANGKAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PERTANYAAN PROVOKATIF DAN GAMBAR MENARIK PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Husnul Khatimah (Unknown)
Diska Ayu Saputri (Unknown)
Lusha Natasya (Unknown)
Niken Ananda (Unknown)
Shofy Ilaina (Unknown)
Khoirunnisa (Unknown)
⁠Hendra Budiono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Rasa ingin tahu merupakan faktor penting dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini berupaya membangkitkan rasa ingin tahu pada siswa kelas 5 di SDN 111/I Muara Bulian melalui strategi pembelajaran inovatif yang menggabungkan pertanyaan provokatif dan gambar yang menarik. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanyaan provokatif mampu merangsang pemikiran kritis siswa, sementara visual yang menarik meningkatkan minat serta daya imajinasi mereka. Peningkatan ini terlihat dari antusiasme siswa dalam diskusi serta hasil belajar yang lebih baik. Dengan demikian, pendekatan ini terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...