Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Press.

IMPLEMENTASI PERENCANAAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KURIKULUM MERDEKA DI UPT SPF SD NEGERI TABARINGAN 5 KOTA MAKASSAR

Sulfajri (Unknown)
Abdul Hakim (Unknown)
Farida Febriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi perencanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar UPT SPF SD Negeri Tabaringan 5 Kota Makassar. Metode yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan dalam implementasi P5 dimulai dari pembentukan tim pelaksana proyek oleh kepala sekolah yang terdiri dari guru kelas dengan kesiapan guru masih berada di kategori berkembang. Tema P5 yang di implementasikan terdiri dari dua tema yang akan dilaksanakan selama satu tahun diantaranya adalah kearifan lokal dan bangunlah jiwa raganya, penentuan tema sejalan dengan jumlah tema yang di tetapkan pada panduan pengembangan P5 pada kurikulum merdeka yakni jenjang sekolah dasar dua sampai tiga tema periode satu tahun. Pemetaan alokasi jam pelajaran serta penyusunan modul masih perlu di kembangkan. Pelaksanaan yang kurang maksimal tidak terlepas dari pemahaman guru yang masih minim terkait pelaksanaan P5. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan agar sekolah mewadahi fasilitas pelatihan khusus bagi guru untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan terkait P5, dan melakukan evaluasi serta monitoring secara berkala oleh tim pelaksana untuk memastikan kesesuaian antara rencana dan implementasi proyek. Diharapkan kedepan implementasi P5 di sekolah lebih maksimal sehingga implementasi P5 sejalan dengan perencanaan kurikulum operasional sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...