Fokus penelitian ini adalah terkait implementasi media pembelajaran berbasis film pada mata pelajaran SKI di MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung dengan pendekatan kualitatif Studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru SKI dan siswa. Sedangkan pengumpulan data terhadap pelaksanaan penelitian penulis melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Selanjutnya, penulis menggunakan Teknik triangulasi pengumpulan data untuk memastikan data itu benar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan Media Pembelajaran Berbasis Film Pada Mata Pelajaran SKI kelas VII yaitu, guru SKI sudah melakukan langkahlangkah penerapan Media Pembelajaran Berbasis Film Pada Mata Pelajaran SKI kelas VII sesuai dengan teori yang ada. (2) faktor pendukung dan penghambat yaitu, faktor pendukung penerapan Media Pembelajaran Berbasis Film meliput, ketersediaan alat dan media di madrasah sebetulnya sudah cukup memadai seperti infocus dan computer, ketersediaan buku di perpustakaan cukup memadai dan pada faktor penghambat tidak ditemukan bahwa guru SKI mengalami kesulitan ketika menghadapi kemampuan siswa. Guru SKI juga tidak tampak mengalami kesulitan dalam menentukan film yang sesuai dengan materi pelajaran
Copyrights © 2025