Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 8 No. 6 (2024)

Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemecahan Masalah di Kelas III SD

Harjoko, Harjoko (Unknown)
Lidyasari, Aprilia Tina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Pendidikan yang memberikan kebebasan belajar bagi siswa sangat penting untuk membangun semangat dan motivasi dalam menyelesaikan tantangan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan motivasi belajar dan pemecahan masalah siswa kelas III. Dengan desain quasi-eksperimen dan pendekatan grup pretest-posttest, penelitian ini melibatkan 20 siswa melalui sampling jenuh. Instrumen berupa tes dan angket digunakan untuk mengukur motivasi serta keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PMR memiliki dampak positif yang signifikan. Analisis data menggunakan uji-t sampel berurutan mengungkapkan thitung ≥ ttabel (0,68920 > ttabel 2,10982), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukkan bahwa penerapan PMR mampu meningkatkan motivasi dan keterampilan pemecahan masalah siswa dibandingkan sebelum intervensi dilakukan. Secara praktis, temuan ini memperkuat pentingnya penggunaan PMR dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. PMR tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matematika, tetapi juga meningkatkan motivasi dan pemecahan masalah, yang sangat dibutuhkan siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...