Melalui studi ini, diharapkan bisa didapatkan wawasan yang lebih mendalam mengenai penggunaan Loose Part sebagai pendekatan pembelajaran yang efisien dalam meningkatkan ketertarikan belajar anak-anak yang masih berusia dini. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak usia dini melalui metode belajar dengan Loose Part. PTK dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kenaikan yang signifikan, terutama antara siklus I dan II, menggarisbawahi pentingnya perbaikan berkelanjutan dalam metode pembelajaran. Kolaborasi yang erat antara pendidik dan orang tua berperan krusial dalam mendukung dan meningkatkan minat belajar anak. Selain itu, pendekatan melalui metode penggunaan Loose Part dalam pembelajaran membantu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode belajar dengan menggunakan media Loose Part dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan minat belajar anak usia dini. Penelitian ini memberikan bukti empiris tentang efektivitas metode belajar dengan Loose Part dan menekankan pentingnya kolaborasi antara pendidik dan orang tua.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025