Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Kepercayaan Diri Mahasiswa PG-PAUD Universitas Cenderawasih dalam Praktik UAS dengan Metode Seni Drama Kolaborasi

Krobo, Andrianus (Unknown)
Mimin, Elka (Unknown)
Suripatty, Petronela Joan Patricia (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Kepercayaan diri pada mahasiswa sangat urgen karena menjadi faktor penentu dalam performa akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kepercayaan diri mahasiswa PG-PAUD Universitas Cenderawasih dengan indikator kemampuan bertindak mandiri, persepsi diri yang positif dan berani mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan. Penelitian menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dan kuesioner. Subyek dalam  penelitian ini adalah  37 mahasiswa semester II PG-PAUD Universitas Cenderawasih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 37 atau 100% mahasiswa, mahasiswa yang sangat percaya diri adalah 6 atau 16,22%, 26 atau 70,27% percaya diri, 4 atau 10,81% kurang percaya diri dan 1 atau 2,70% tidak percaya diri. Melalui kuesioner dan pengamatan langsung selama praktik UAS berbasis metode seni drama kolaboratif, diamati bahwa hampir semua mahasiswa sangat percaya diri dengan bertindak mandiri, memiliki persepsi diri yang positif dan berani mengungkapkan pertanyaan dan menjawab pertanyaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kepercayaan mahasiswa semester II PG-PAUD Universitas Cenderawasih tergolong baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...