Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 4 (2025): in Progress

Dampak Penggunaan Permainan Ludo dan Motivasi Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini

Yustika, Endang (Unknown)
Mayar, Farida (Unknown)
Utoyo, Setio (Unknown)
Rahkimawati, Rahkimawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak permainan ludo dan motivasi belajar untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini lebih terfokuskan pada kajian pengaruh kedua variabel terhadap kemampuan berhitung anak. Novelty dari penelitian ini adalah media permainan ludo yang telah dimodifikasi dan didesain sendiri oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experiment, sampel pada penelitian ini adalah anak di Taman Kanak-kanak. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan kemudian dilakukan uji t (t-test) dan uji prasyarat uji hipotesis. Hasil uji t menunjukkan bahwa permainan ludo dan motivasi belajar anak mampu meningkatkan kemampuan berhitung anak (p = 0.018 < 0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan Ludo dan motivasi belajar terbukti berpengaruh terhadap kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-kanak. Penggunaan permainan Ludo sebagai media pembelajaran tidak hanya meningkatkan keterampilan numerik anak, tetapi juga menjadikan proses belajar lebih menyenangkan dan interaktif. Motivasi belajar yang tinggi juga berperan penting dalam meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep angka dan operasi hitung sederhana.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...