J-CEKI
Vol. 4 No. 3: April 2025

Pengaruh Kompensasi dan Kompetensi Profesionalisme terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Mesuji Makmur

Riyono, Riyono (Unknown)
Ahmad, Syarwani (Unknown)
Destiniar, Destiniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompensasi dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Mesuji Makmur. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 57 guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Mesuji Makmur, yang juga dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dengan nilai t-hitung sebesar 3,162 (p < 0,05). Kompensasi yang layak mampu meningkatkan motivasi dan efektivitas kerja guru. Kompetensi profesional juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dengan nilai t-hitung sebesar 2,290 (p < 0,05), yang menegaskan pentingnya penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam mendukung proses pembelajaran. Secara simultan, kompensasi dan kompetensi profesional menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dengan nilai F-hitung sebesar 15,324 (p < 0,05). Kombinasi kedua variabel ini berkontribusi secara signifikan dalam menciptakan kinerja guru yang optimal, mendukung peningkatan kualitas pendidikan, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya perhatian terhadap aspek kompensasi dan pengembangan kompetensi profesional untuk meningkatkan kinerja guru, sehingga tercipta lingkungan pendidikan yang lebih berkualitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...