Konstruksi identitas adalah proses dimana seseorang membangun, mendefinisikan, memproyeksikan gambar dirinya melalui interaksi dengan simbol-simbol tertentu di lingkungan sosial dan budaya mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana mahasiswa mengkonstruksikan identitas dirinya dalam pemakaian tas branded. Identitas sebagai peran yang dimainkan di depan audiens sosial dengan menggunakan simbol seperti fashion, gaya bicara, atau aksesoris seperti tas branded untuk menyampaikan pesan tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang memungkinkan analisis mendalam mengenai konstruksi identitas seperti apa yang ingin disampaikan oleh pemakai tas branded. Hasil penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa membangun makna menggunakan tas branded sebagai cara untuk menunjukkan gaya hidup, selera fashion, dan kelas sosial mereka yang dianggap dapat meningkatkan rasa percaya diri, memberikan validasi sosial, dan membangun citra diri yang diinginkan dilingkungan kampus. Selain itu, proses pembentukan makna melalui pemakaian tas branded dipengaruhi oleh interaksi yang kompleks antara individu, faktor-faktor seperti pengaruh teman sebaya, media sosial, dan tekanan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus menjadi pendorong utama pembentukan identitas mahasiswa melalui pemakaian tas branded.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025