J-CEKI
Vol. 4 No. 3: April 2025

Konstruksi Identitas Remaja Dalam Pemakaian Tas Branded: Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Junita, Susan (Unknown)
Yusalia, Henny (Unknown)
Indasari, Fera (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Konstruksi identitas adalah proses dimana seseorang membangun, mendefinisikan, memproyeksikan gambar dirinya melalui interaksi dengan simbol-simbol tertentu di lingkungan sosial dan budaya mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana mahasiswa mengkonstruksikan identitas dirinya dalam pemakaian tas branded. Identitas sebagai peran yang dimainkan di depan audiens sosial dengan menggunakan simbol seperti fashion, gaya bicara, atau aksesoris seperti tas branded untuk menyampaikan pesan tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang memungkinkan analisis mendalam mengenai konstruksi identitas seperti apa yang ingin disampaikan oleh pemakai tas branded. Hasil penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa membangun makna menggunakan tas branded sebagai cara untuk menunjukkan gaya hidup, selera fashion, dan kelas sosial mereka yang dianggap dapat meningkatkan rasa percaya diri, memberikan validasi sosial, dan membangun citra diri yang diinginkan dilingkungan kampus. Selain itu, proses pembentukan makna melalui pemakaian tas branded dipengaruhi oleh interaksi yang kompleks antara individu, faktor-faktor seperti pengaruh teman sebaya, media sosial, dan tekanan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus menjadi pendorong utama pembentukan identitas mahasiswa melalui pemakaian tas branded.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...