Jurnal Pendidikan Olah Raga
Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga

PENGUKURAN SIKAP SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA

Tahki, Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2016

Abstract

Sikap merupakan aspek yang penting dalam proses pembelajaran. Namun begitu, sampai saat ini belum ada penelitian dan alat ukur untuk menilai sikap secara spesifik untuk siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja. Padahal metode drill yang diterapkan oleh guru atau pelatih dalam ekstrakurikuler tenis meja dapat menimbulkan respon atau sikap tertentu pada siswa, yaitu kemungkinan dari rentangan suka sampai tidak suka. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan alat ukur sikap untuk siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja. Penelitian dilakukan selama bulan Mei 2012 dengan 20 sampel. Sampel adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja di SMP John Paulo School Bekasi Jawa Barat. Instrumen berupa kuesioner yang disusun berdasarkan tiga dimensi sikap dari Azwar (2005) yaitu : dimensi kognitif, dimensi afektif, dan dimensi psikomotor.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 22 soal yang dapat digunakan untuk menilai sikap siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja. Validitas instrumen berkisar antara 0,652 sampai 0,840. Sementara reliabilitas instrumen r=0,950. Selain itu, penerapan alat ukur di SMP John Paulo School Bekasi menunjukkan baru 25% dimensi kognitif siswa yang tergolong baik, 30% dimensi afektif siswa yang tergolong baik, dan 40% dimensi konatif siswa yang tergolong baik. Kata Kunci : Sikap, Ekstrakurikuler Tenis Meja

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

olahraga

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Olah Raga (JPO) is a scientific journal published by LPPM IKIP PGRI Pontianak. This journal aims to accommodate the publication of scientific work for academics, researchers, and practitioners covering educational, performance, and recreational sports. This journal is published ...