Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran guru sosiologi dalam mengembangkan pendidikan karakter di MAN 1 Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi dan Triangulasi Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sosiologi memiliki peran multifaset, yakni sebagai pendidik, fasilitator, teladan, mediator, dan evaluator dalam proses pendidikan karakter. Guru sosiologi mengintegrasikan nilai-nilai seperti toleransi, kerja sama, dan keadilan dalam pembelajaran untuk membentuk karakter siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru sosiologi sangat penting dalam pengembangan karakter siswa, dan penerapan strategi yang tepat dapat mengatasi berbagai tantangan dalam pembentukan karakter yang lebih baik. Hasil penelitian ini memberikan wawasan bagi pengembangan pendidikan karakter yang lebih efektif di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025