PESHUM
Vol. 4 No. 3: April 2025

Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SD

Najihah, Ita Fatihatun (Unknown)
Mastoah, Imas (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2025

Abstract

Pembelajaran kooperatif merupakan pendekatan pengajaran di mana siswa bekerja bersama dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan belajar yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengembangan model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan Studi literatur yang meliputi identifikasi terhadap berbagai model kooperatif yang mampu meningkatkan keterampilan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif yang terencana dengan baik dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa secara signifikan. Model-model pembelajaran kooperatif tersebut diantaranya STAD, jigsaw, TGT. Dalam pembelajaran kooperatif guru tidak hanya meningkatkan pengetahuan siswa saja tetapi mempersiapkan keterampilan sosial siswa untuk masa yang akan datang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...