Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP)
Vol. 2 No. 1 (2024): Januari

PENERAPAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE OUTING CLASS PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

SAFINA RAHMA AULIA (Unknown)
BAGUS SETIAWAN (Unknown)
SELLY TRIAMANDA (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui penerapan perencanaan pembelajaran dengan metode outing class di SMP/MTs. Dalam dunia pendidikan, pembelajaran merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan. Strategi yang tepat dapat mengantarkan pembelajaran pada keberhasilan. Pembelajaran dengan metode outing class dapat ditingkatkan pada saat outing class. Dimana para siswa lebih dekat dengan sumber belajar yang sebenarnya, yaitu masyarakat, sehingga siswa dapat memahami materi berdasarkan realita yang sebenarnya terjadi. Selain dampak positif, metode outing class juga dapat menimbulkan dampak negatif, salah satunya adalah kesulitan siswa, namun hal tersebut tidak menjadi kendala utama dalam keberhasilan metode pembelajaran ini. Hal ini dapat diatasi dengan membuat kesepakatan dengan siswa di awal proses pembelajaran dan dengan mendengarkan siswa secara seksama. Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Pengertian pembelajaran outing class; 2) Manfaat metode outing class dalam pembelajaran; 3) Strategi pembelajaran outing class.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan Ilmu Pendidikan dan ...