Anak dengan disabilitas intelektual memiliki permasalahan membaca yang perlu diperhatikan dan ditangani secara efektif. Oleh sebab itu, perlu adanya intervensi untuk membantu anak disabilitas intelektual meningkatkan kelancaran membaca. Teknik repeated reading sering direkomendasikan karena dilinilai mampu meningkatkan kelancaran membaca. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas teknik repeated reading pada anak disabilitas intelektual untuk meningkatkan kelancaran membaca. Asesmen dilakukan pada seorang anak disabilitas intelektual kelas 3 SD melalui observasi, wawancara, dan tes psikologi di rumah dan di sekolah. Hasil intervensi yang dilakukan selama 15 hari berturut-turut sebanyak 15 sesi dengan durasi 60 menit setiap sesi menunjukkan peningkatan kelancaran membaca pada anak disabilitas intelektual. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dicoba pada partisipan dengan karakteristik lain, misalnya pada anak dengan disleksia atau anak usia prasekolah dengan perkembangan normal yang masih membutuhkan bantuan untuk membaca dengan lancar.
Copyrights © 2025