Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP)
Vol 11, No 1 (2025)

Repeated Reading Technique to Improve Reading Fluency in Children with Intellectual Disabilities

Lestari, Yuni (Unknown)
Susetyo, Yuli Fajar (Unknown)
Murtiningtyas, Amanda (Unknown)
Saptandari, Edilburga Wulan (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2025

Abstract

Anak dengan disabilitas intelektual memiliki permasalahan membaca yang perlu diperhatikan dan ditangani secara efektif. Oleh sebab itu, perlu adanya intervensi untuk membantu anak disabilitas intelektual meningkatkan kelancaran membaca. Teknik repeated reading sering direkomendasikan karena dilinilai mampu meningkatkan kelancaran membaca. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas teknik repeated reading pada anak disabilitas intelektual untuk meningkatkan kelancaran membaca. Asesmen dilakukan pada seorang anak disabilitas intelektual kelas 3 SD melalui observasi, wawancara, dan tes psikologi di rumah dan di sekolah. Hasil intervensi yang dilakukan selama 15 hari berturut-turut sebanyak 15 sesi dengan durasi 60 menit setiap sesi menunjukkan peningkatan kelancaran membaca pada anak disabilitas intelektual. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dicoba pada partisipan dengan karakteristik lain, misalnya pada anak dengan disleksia atau anak usia prasekolah dengan perkembangan normal yang masih membutuhkan bantuan untuk membaca dengan lancar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gamajpp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Health Professions Public Health Social Sciences Other

Description

Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) e-ISSN 2407-7801 is an open-access journal disseminating articles with implications for research and practices professional psychology. GamaJPP welcomes manuscript in the areas of:: Clinical Psychology Education Psychology Developmental ...