Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kesalahan pengimbuhan kata dalam karanganbebas siswa Kelas XII SMK Trisakti Baturaja, (2) mendeskripsikan kesalahan pengulangan kata dalamkarangan bebas siswa Kelas XII SMK Trisakti Baturaja, dan (3) mendeskripsikan kesalahanpemajemukan kata dalam karangan bebas siswa Kelas XII SMK Trisakti Baturaja. populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XII SMK Trisakti Baturaja yang berjumlah 48 orang dengansampel penelitian berjumlah 26 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodedeskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis karangan dan teknik analisis datamenggunakan teknik nonstatistik (teknik kualitatif). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasilidentifikasi dan analisis kesalahan pengimbuhan terdapat 7 orang (43,75), kesalahan pengulangan terdapat6 orang (37,5%), dan kesalahan pemajemukan hanya terdapat 1 orang (6,25%) dari 16 orang siswa yanghadir pada saat tes dilakukan.Temuan lain peneliti dari hasil pengamatan kesalahan morfologis dalamkarangan siswa adalah kesalahan seputar penulisan preposisi dan partikel. Berdasarkan hasil danpembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas XII SMK dalam mengolah kata yangmeliputi pengimbuhan, pengulangan, dan pemajemukan sudah baik.
Copyrights © 2017