KERNEL: Jurnal Riset Inovasi Bidang Informatika dan Pendidikan Informatika
Vol 4, No 2 (2023)

Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Pada Smp Negeri 2 Gedangan menggunakan Metode Waterfall

Adikusuma, Rahmatullah Wirya (Unknown)
Al-Fikri, Allif Mufti (Unknown)
Bhakti, Muhammad Esa Nusa (Unknown)
Wardhana, Septiyawan Rosetya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Era digital sering disebut sebagai era disrupsi dikarenakan sifatnya yang revolusioner dan sering menyebabkan perubahan besar dalam tatanan masyarakat.Perpustakaan sekolah adalah sebuah perpustakaan yang berada pada satuan Pendidikan sekolah dasar dan menengah. Saat ini masih banyak perpustakaan sekolah yang masih menggunakan cara manual dalam proses peminjaman dan pengembalian buku.Salah satu perpustakaan tersebut berada di Smp Negeri 2 Gedangan. Peminjaman dan pengembalian buku merupakan kegiatan utama dalam perpustakaan sekolah. Dalam prosedur Perpustakaan Smp Negeri 2 Gedangan ini dibutuhkan pendataan dalam proses peminjaman dan pengembalian buku yang efisien dan cepat agar mempermudah prosesnya. Maka dari itu dibutuhkan sebuah sistem informasi pada penelitian yang bertujuan untuk membantu kinerja pustakawan ini dalam proses pencatatan peminjaman buku berbasis web. Dalam kasus ini tim kita menggunakan metode waterfall dalam menggunakan metodenya.Teknik pengumpulan data yang kita gunakan dalam penilitian menggunkan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan penilitian ini, maka dapat disimpulkan penilitian sistem informasi Perpustakaan Smp Negeri 2 Gedangan berbasis web ,dapat membantu kinerja pustakawan dengan lebih cepat dan efisien.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kernel

Publisher

Subject

Computer Science & IT Other

Description

1. Teknologi Informasi 2. Rekayasa Perangkat Lunak: a. Rekayasa Kebutuhan b. Pengembangan Game dan Realitas Virtual c. Management Proyek Perangkat Lunak d. User Interface / User Experience 3. Jaringan Komputer: a. Sekuritas Jaringan b. Internet Of Things c. Wireless Network d. Cloud Computing e. ...