Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 5 No. 1 (2022): April 2022

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Messy Play

Nuryanah, Siti (Unknown)
Ramdhani, Luthfi Aji (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan messy play di Pos PAUD Kasih Bunda Desa Sidomoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis and Taggart dengan model spiral dimana pelaksanaannya dilakukan secara berulang-ulang dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun yang jumlahnya 10 anak dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini di lakukan dengan 2 siklus selama 6 hari. Hasil penelitian untuk kemampuan motorik halus melalui messy play di nyatakan meningkat dengan indikator : mengikuti mencetak pasir sangat baik, menirukan membentuk dengan plastisin sangat baik, menunjukkan cara melukis dengan jari tangan( finger painting) sangat baik, membedakan biji-bijian sangat baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...