Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 7 No 1 (2025): Maret

EFEKTIVITAS BUKU CERITA BERILUSTRASI DALAM MERANGSANG KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DI TK MARDI UTOMO DESA PURWOREJO

Melani, Melani (Unknown)
Prahastiwi, Eka Danik (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas buku cerita berilustrasi sebagai media pembelajaran yang interaktif dalam merangsang kreativitas dan meningkatkan keterampilan berbahasa anak. Buku cerita berilustrasi memberikan pengalaman belajar yang menarik melalui kombinasi teks dan gambar visual yang mampu merangsang daya imajinasi serta memperkaya kosakata anak. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini mengamati interaksi Anak Usia Dini dengan buku cerita berilustrasi melalui observasi langsung, wawancara dengan guru, serta analisis dokumen pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ilustrasi dalam buku cerita tidak hanya membantu anak memahami cerita, tetapi juga mendorong mereka untuk menciptakan alur narasi yang baru, sehingga melatih pola pikir kreatif. Selain itu, kosakata dan struktur bahasa anak mengalami peningkatan signifikan melalui paparan teks cerita. Penelitian ini menegaskan bahwa buku cerita berilustrasi dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif dalam mendukung perkembangan kognitif, bahasa, dan kreativitas Anak Usia Dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pelangi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus jurnal ini adalah studi akademik dilingkup TK/PAUD dalam berbagai perspektif yang berupa artikel hasil pemikiran dan penelitian pendidikan PAUD/TK.Ruang lingkup jurnal ini mengkhususkan pada pendidikan dasar terutama dilingkup Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dalam berbagai disiplin ilmu dan ...