Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa pondok Pesantren Al-Islam Telaga Biru. Penelitian ini menggunakan Desain penelitian Kuantitatif dengan jumlah populasi 700 Siswa. Jumlah sampel 117 siswa dengan menggunakan teknik Simple Random sampling. Hasil penelitian menunjukkan tingkat Penyesuaian Sosial Siswa berada pada kategori sedang sebanyak 67 dengan 57,3% dan Kecerdasan Emosional siswa berada pada kategori sedang sebanyak 71 dengan 60,7%. Berdasarkan hasil uji korelasi rank spearmen dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,666 dan nilai sig (p) = 0,000 (p<0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Emosional Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa pondok Pesantren Al-Islam Telaga Biru. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi Kecerdasan emosional, maka semakin baik penyesuaian sosial pada siswa.
Copyrights © 2025