Guru merupakan sosok penting dalam proses pembelajaran yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan peserta didik, baik dari segi akademis maupun karakter. Kepribadian guru, yang mencakup nilai-nilai moral, etika, dan sikap sehari-hari, memainkan peran penting dalam membentuk persepsi dan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kompetensi kepribadian guru dan pengaruhnya terhadap pembentukan karakter siswa, dengan fokus pada Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Mulia Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari guru-guru di SDIT Insan Mulia Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan diri guru melalui pendidikan lanjutan, pelatihan, serta kegiatan keagamaan seperti halaqoh dan pembelajaran Al-Qur'an berperan signifikan dalam membentuk kepribadian guru yang Islami. Kepribadian yang baik, termasuk sikap disiplin, tanggung jawab, kejujuran, dan kesabaran, tidak hanya berdampak positif pada hubungan guru-siswa, tetapi juga menginspirasi siswa untuk mengembangkan karakter yang serupa. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk terus mengembangkan kompetensi kepribadian mereka guna menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan efektif bagi siswa
Copyrights © 2025