Devotion: Journal Corner of Community Service
Vol. 3 No. 3 (2025): Februari

Model Peningkatan Kinerja Usaha UKM Kuliner dengan Inovasi Digital sebagai Variabel Mediasi

Emmy Junianti (Unknown)
Reza, Bobby (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kinerja usaha UKM kuliner melalui kompetensi kewirausahaan dan orientasi kewirausahaan dengan inovasi digital sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian adalah pengusaha UKM kuliner di Kota dan Kabupaten Bandung dengan jumlah sampel 50 orang yang tersebar di wilayah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan melalui Google Forms. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak Smart PLS untuk memastikan validitas statistik.Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa kompetensi kewirausahaan dan orientasi kewirausahaan memiliki dampak positif langsung terhadap kinerja bisnis. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi digital memainkan peran mediasi dalam meningkatkan pengaruh kompetensi kewirausahaan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis. Penelitian ini menawarkan wawasan berharga untuk pengambilan keputusan strategis dan perumusan kebijakan di sektor UKM kuliner, dengan implikasi penting bagi akademisi dan praktisi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

devotion

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Devotion: Journal Corner of Community Service (E-ISSN 2961-9165, P-ISSN 2961-8096). The journal publishes original research articles as well as review articles in all areas of Training and Marketing are utilized for community empowerment, SMEs and local communities; Community empowerment; Social ...