Jurnal Kompetitif Bisnis
Vol 3 No 1 (2025): Jurnal Kompetitif Bisnis

POLA PEMBELIAN ULANG KOMUNITAS HILO YANG DIMEDIASI OLEH COMMUNITY MARKETING YANG DIPENGARUHI OLEH BRAND IMAGE DAN POSITIONING

Dirham, Salsabila Afsari (Unknown)
Hartono, Hartono (Unknown)
Nugeraha, Prasetya (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2025

Abstract

Pembelian ulang menjadi salah satu tujuan perusahaan mempertahankan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh brand image dan positioning terhadap pembelian ulang yang dimediasi oleh community marketing pada produk HiLo. Penelitian ini penting karena HiLo aktif berkolaborasi dengan komunitas olahraga untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Explonatory Research dan menggunakan analisis Struktural Equation Modeling (SEM). Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 88 responden yang merupakan komunitas yang telah berkolaborasi dengan HiLo. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan metode Struktural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian mencakup peran mediasi community marketing dalam hubungan antara brand image dan positioning terhadap pembelian ulang memiliki pengaruh positif namun memiliki nilai yang rendah, pengaruh brand image terhadap community marketing yang tidak signifikan, positioning terhadap community marketing memiliki pengaruh yang siginfikan, community marketing terhadap pembelian ulang memiliki pengaruh yang tidak signifikan, brand image terhadap pembelian ulang memiliki pengaruh yang tidak signifikan, positioning terhadap pembelian ulang memiliki pengaruh yang tidak signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Kompetitif bisnis adalah jurnal kajian bisnis yang diterbitkan dua kali dalam setahun (Maret dan November) oleh Administrasi Bisnis-FISIP Universitas Lampung. Topik artikel yang diterbitkan adalah penelitian teoritis dan empiris yang berfokus pada studi tentang bisnis Topik artikel: Keuangan, ...