Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dengan media e-learning terhadap peningkatan literasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen one-group pretest-posttest, dengan melibatkan 38 siswa kelas VIII. Data dikumpulkan melalui tes literasi matematis yang diberikan sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam literasi matematis siswa, dengan nilai rata-rata pre-test meningkat dari 58,00 menjadi 63,00 pada post-test. Uji t berpasangan menunjukkan nilai p = 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan bahwa perubahan tersebut signifikan secara statistik. Selain itu, analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara nilai pre-test dan post-test (r = 0.870). Kendala yang dihadapi dalam penerapan media e-learning berbasis TPACK meliputi keterbatasan infrastruktur teknologi, kurangnya pelatihan guru dalam integrasi teknologi dengan pedagogi dan konten, serta desain materi yang kurang interaktif dalam belum sepenuhnya mengacu pada literasi matematis siswa. Meskipun demikian, hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran berbasis TPACK dengan media e-learning dapat meningkatkan literasi matematis siswa secara signifikan, dengan syarat adanya dukungan pengembangan media e-learning yang mengarah pada literasi matematis dan kemampuan guru menerapkan Model TPACK. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pada pengembangan pembelajaran matematika berbasis teknologi yang lebih efektif
Copyrights © 2025