Volatilitas : Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Vol. 7 No. 2 (2025): VOLATILITAS - Jurnal Manajemen dan Bisnis

PENGARUH VISUAL MERCHANDISING TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Miniso Store Lippo Plaza Yogyakarta)

Handini, Firdha Noviadisti (Unknown)
Ariningsih, Endah Pri (Unknown)
Prasaja, Mahendra Galih (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2025

Abstract

Perkembangan bisnis pada era globalisasi berlangsung sangat pesat. Masuknya pengaruh globalturut mempengaruhi perkembangan bisnis di Indonesia salah satunya bisnis ritel. Peningkatan tersebutyang kemudian diimbangi dengan perkembangan dalam bidang teknologi, informasi, dan komunikasiyang ikut mempengaruhi pertumbuhan bisnis ritel modern saat ini dengan ditandai semakinmeningkatnya bisnis ritel tradisional yang mulai bergeser untuk membenahi diri menjadi ritel modern.Hal ini juga menyebabkan perubahan pada perilaku konsumen dalam berbelanja yang dapat menjadipengaruh pada kebutuhan konsumen yang semakin bertambah kompleks dalam memenuhi gaya hidupmasyarakat yang terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh VisualMerchandising terhadap Impulse Buying, 2) pengaruh Visual Merchandising terhadap Positive Emotion,3) pengaruh Positive Emotion terhadap Impulse Buying, 4) peran mediasi Positive Emotion pada VisualMerchandising terhadap Impulse Buying.Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah berkunjung di Miniso StoreLippo Plaza Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik judgement sampling denganmemilih sampel sebanyak 120 responden konsumen. Pengumpulan data pada penelitian inimenggunakan kuesioner, pengukuran menggunakan skala Likert. Kuesioner telah diuji coba dan telahmemenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Untuk membuktikan hipotesis penelitian digunakanhierarchical regression analysis.Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: 1) Visual Merchandising berpengaruhpositif dan signifikan terhadap Impulse Buying; 2) Visual Merchandising berpengaruh positif dansigniifikan terhadap Positive Emotion; 3) Positive Emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadapImpulse Buying; 4) Visual Merchandising berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buyingpada Miniso Store Lippo Plaza Yogyakarta yang dimediasi oleh Positive Emotion, dalam hal ini berupamediasi sebagian (partially mediated).Kata kunci : Visual Merchandising, Positive Emotion, Impulse Buying

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

volatilitas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Volatilitas: Jurnal Manajemen dan Bisnis invites study analysts, academicians, and practitioners of business and management to submit research-based manuscripts on various themes, topics, and aspects of management and business, including: Marketing Management, Financial and Banking Management, Human ...