Perkembangan bisnis ritel di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yangsignifikan, hal ini disebabkan oleh potensi pasar yang cukup besar. Secara nyatapertumbuhan bisnis ritel di Indonesia di dorong oleh semakin pesatnya persaingandalam pasar konsumen. Perkembangan dan peluang usaha bisnis ritel yang sangat besarmembuat banyak investor tertarik untuk mengembangkan bisnis ritel. Hal inimengakibatkan persaingan antar perusahaan ritel menjadi semakin ketat. Selainmemiliki permasalahan persaingan antar perusahaan, pihak ritel juga mengalamimasalah ketika dihadapakan pada perilaku pembelian konsumennya. Seringkalipermasalahan yang berkaitan dengan perilaku pembelian konsumen terutama yangberhubungan dengan pola berbelanja konsumen. Perilaku pembelian konsumen yangmenarik dan lebih sering terjadi di dalam toko ritel adalah impulse buying. Terdapatbeberapa faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya impulse buying pada diriseseorang, seperti hedonic motivation dan shopping enjoyment. Tujuan yang hendakdicapai dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh: hedonic motivation terhadapimpulse buying, hedonic motivation terhadap shopping enjoyment, shopping enjoymentterhadap impulse buying, dan menguji peran shopping enjoyment dalam memediasipengaruh hedonic motivation terhadap impulse buying.Populasi pada penelitian ini adalah semua konsumen Trio Mall di Kebumen.Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 150 responden.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, yang telah diujicobakandan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakananalisis hierarchical regression procedures.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwahedonic motivation berpengaruh positif terhadap impulse buying, hedonic motivationberpengaruh positif terhadap shopping enjoyment, shopping enjoyment berpengaruhpositif terhadap impulse buying, dan shopping enjoyment berperan secara signifikansebagai variabel mediasi pada pengaruh hedonic motivation terhadap impulse buyingpada konsumen Trio Mall di Kebumen.
Copyrights © 2025