Volatilitas : Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Vol. 7 No. 2 (2025): VOLATILITAS - Jurnal Manajemen dan Bisnis

PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Sari, Rani Puspita (Unknown)
Budiyanto, Budiyanto (Unknown)
Runanto, Dedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Saat ini, dunia sedang menghadapi triple krisis planet yaitu perubahan iklim, polusi & pencemaran, sertapercepatan kehilangan biodiversitas. Plastik telah lama hadir dalam kehidupan manusia dan sudah banyak diterapkandalam kehidupan sehari hari. Penggunaan plastik yang terus berlanjut hingga saat ini mengakibatkan penumpukanhingga timbul menjadi pencemar lingkungan. Permasalahan yang timbul akibat plastik ini memunculkan gagasanbaru yang dapat menjadi solusi dari pencemaran sampah plastik ini. Kini, banyak perusahaan yang berkomitmenuntuk mengurangi penggunaan plastik dalam produknya. Dengan ini peneliti mengambil objek penelitian yaitu RinsoAnti Noda. Pemilihan objek pada produk Rinso dikarenakan Rinso memiliki kredibilitas terhadap lingkungan yang baikserta mengembangkan produknya dengan inovasi teknologi ramah lingkungan. Teknologi ini selaras dengan brandimage dari Rinso yang merupakan green product. Proses pemasaran yang dilakukan menggunakan teknik pemasaranhijau atau Green Marketing bertujuan untuk lebih dikenal masyarakat sehingga menarik minat beli masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh green marketing terhadap purchase decision. 2)pengaruh green marketing terhadap brand image.3) pengaruh brand image terhadap purchase decision.4) pengaruhgreen marketing terhadap purchase decision melalui brand image.Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalahkonsumen Rinso Anti Noda di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 150 responden yang diambil denganmenggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan datamenggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhisyarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan metode Partial least Square (PLS).Hasil analisis data Partial least Square (PLS) menunjukkan bahwa 1) Green Marketing berpengaruh positifdan signifikan terhadap Purchase Decision pada konsumen produk Rinso Anti Noda di Purworejo, 2) Green Marketingberpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image pada konsumen produk Rinso Anti Noda di Purworejo, 3)Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision pada konsumen produk Rinso Anti Nodadi Purworejo, 4) Brand Image memediasi pengaruh Green Marketing terhadap Purchase Decision pada konsumenproduk Rinso Anti Noda di PurworejoKata Kunci: Green Marketing, Purchase Decision dan Brand Image.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

volatilitas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Volatilitas: Jurnal Manajemen dan Bisnis invites study analysts, academicians, and practitioners of business and management to submit research-based manuscripts on various themes, topics, and aspects of management and business, including: Marketing Management, Financial and Banking Management, Human ...