Bisnis waralaba saat ini telah menjadi fenomena yang mengilhami banyak individu yang inginmemulai kewirausahaan. Salah satu bidang bisnis waralaba yang berkembang pesat adalah industri food &baverage. Pada industri F&B setiap tahunnya selalu ada minuman baru yang menjadi perhatian dankeinginan dari berbagai kalangan masyarakat. Penelitian ini menggunakan objek Mixue Ice Cream & Tea.Adanya persaingan yang ketat serta konsumen yang kritis dalam memilih suatu produk menuntutperusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman (F&B) untuk memperhatikan kualitas produkmakanan yang dijual, serta pengalaman pelanggan yang pernah menikmati produk mereka agar konsumenbisa datang kembali dan mengajak rekan, relasi dan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1)pengaruh food quality terhadap behavioral intention, 2) pengaruh perceived value terhadap behavioralintention, 3) pengaruh food quality terhadap customer satisfaction, 4) pengaruh perceived value terhadapcustomer satisfaction, 5) pengaruh customer satisfaction terhadap behavioral intention, 6) peran customersatisfaction dalam memediasi pengaruh food quality terhadap behavioral intention, 7) peran customersatisfaction dalam memediasi pengaruh perceived value terhadap behavioral intentionPenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitianini adalah responden yang pernah berkunjung dan membeli produk Mixue Ice Cream & Tea. Sampel yangdigunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknikpurposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Alatanalisis data yang digunakan adalah SmartPls 3.0 dengan metode analisis SEM (Structural EquationModeling).Hasil penelitian menunjukkan bahwa food quality dan perceived value berpengaruh positif dansignifikan terhadap behavioral intention, food quality dan perceived value berpengaruh positif dansignifikan terhadap customer satisfaction, customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikanterhadap behavioral intention, food quality dan perceived value berpengaruh positif dan signifikanterhadap behavioral intention pada Mixue Ice Cream & Tea yang di mediasi oleh customer satisfaction,dalam hal ini berupa mediasi komplementerKata Kunci: Food Quality, Perceived Value, Customer Satisfaction, Behavioral Intention
Copyrights © 2025