Penerapan pembelajaran berbasis online yang terintegrasi dengan jaringan internet merupakan solusi untuk mengatasi keterbatasan pendidikan jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh OLPE terhadap Life Skills mahasiswa, menganalisis perbedaan antara OLPE yang diberikan integrasi program life skills dengan OLPE yang tidak diberikan program, dan menganalisis komponen life skills manakah yang mengalami peningkatan paling tinggi. Metode penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan pretest - posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di Banjarbaru dengan menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah 68 siswa laki-laki dan perempuan berusia antara 15 dan 16 tahun. Instrumen penelitian LSSS. Analisis data independent sample Ttest, paired sample Ttest, dan N.Gain. Penelitian ini menemukan bahwa OLPE berpengaruh signifikan terhadap kecakapan hidup siswa dengan nilai signifikansi 0,013 < 0,05, terdapat perbedaan antara OLPE yang mendapatkan program integrasi kecakapan hidup dengan OLPE yang tidak mendapatkan program integrasi kecakapan hidup dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Komponen kecakapan hidup yang mengalami peningkatan terbesar adalah komponen pengambilan keputusan dan pemecahan masalah sebesar 71,51%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025