MENTARI : Journal Of Islamic Primary School
Vol 3 No 1 (2025): March 2025

Pengembangan Media Pembelajaran GALARAMA pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV di MI As-Salam Bogo Nglawak Kertosono Nganjuk

Suryaningrum, Vanie (Unknown)
Anwar, Zainul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Pengembangan media pembelajaran GALARAMA pada mata pelajaran IPAS kelas IV materi membangun masyarakat yang beradab di MI As-Salam Bogo Nglawak Kertosono Pecuk atas dasar fenomena yang ada di sekolah yakni belum optimalnya penggunaan media pembelajaran, dikarenakan bapak ibu guru masih sering menggunakan metode pembelajaran ceramah untuk kegiatan belajar mengajar di setiap harinya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengembangkan GALARAMA dalam pembelajaran IPAS materi Membangun Masyarakat yang Beradab untuk SD/MI kelas IV. (2) Untuk mengetahui Efektivitas media GALARAMA dalam pembelajaran IPAS materi Membangun Masyarakat yang Beradab untuk SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D dari thiagarajan yaitu: (1) Pendefinisian (define); (2) Perancangan (design); (3) Pengembangan (develop); (4) Penyebaran (disseminate). Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi yang diberikan kepada ahli media dan ahli materi dan soal pretest dan posttest yang diberikan kepada peserta didik untuk mengetahui keefektifan produk yang dikembangkan. Analisis data yang diguunakan adalah analisis data kuantitatif untuk mengukur validitas dan keefektifan produk. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran bernama GALARAMA. Validasi produk dari ahli materi dan media mendapat hasil presentase rata-rata keseluruhan 87% yang menunjukkan produk telah valid. hasil perhitungan skor dan rata-rata n-gain dari pretest dan posttest adalah 0,63 dan 63,4%. menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan termasuk ke dalam kategori skor “sedang” dan tingkat efektivitas “cukup efektif” dan terbukti mampu untuk meningkatkan keaktifan siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ment

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Mentari : Journal of Islamic Primary School is a double-blind peer-reviewed journal published by the Study Program of Education for Islamic Elementary School Teachers , Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ula Kertosono Nganjuk. The journal publishes research articles of Islamic primary ...