Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 3 No. 3 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 3 Nomor 3 (Januari 202

GPT? Antara Sistem yang Belajar dan Sistem yang Memahami: Penelitian

Fahmy Syahputra (Universitas Negeri Medan)
Elsa Sabrina (Universitas Negeri Medan)
Debora Cindy Purba (Universitas Negeri Medan)
Imam F Hutasuhut (Universitas Negeri Medan)
Jesica Aime Siahaan (Universitas Negeri Medan)
Maria Niscaya Ndruru (Universitas Negeri Medan)
Sopiah Rahmadani br Torus (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat pemahaman model Generative Pre-trained Transformer (GPT) terhadap makna teks dan membedakannya dengan pemahaman manusia. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur dengan menganalisis berbagai penelitian yang membahas struktur pemrosesan GPT serta keterbatasannya dalam memahami konteks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun GPT mampu menghasilkan teks yang koheren, model ini tetap terbatas dalam menangkap nuansa bahasa, makna tersirat, dan konsep kompleks yang memerlukan pengalaman sensorik dan sosial. Kesimpulannya, GPT sebaiknya digunakan sebagai alat bantu dalam pemrosesan bahasa, bukan sebagai pengganti pemikiran manusia, serta perlu dikembangkan lebih lanjut untuk meningkatkan pemahaman konseptualnya

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...